TERAPI BIOLISTRIK

PELUANG USAHA

PELUANG USAHA

Jumat, 26 Agustus 2016

TERAPI MERANGSANG SYARAF

TENS KWD


Apa Itu Tens?

Tens adalah singkatan dari transcutaneus elektrical nerve stimulation, atau alat yang digunakan untuk merangsang syaraf melalui kulit menggunakan arus listrik. Namun listrik yang digunakan adalah larus listrik rendah, sehingga arus yang dikeluarkan tidak membahayakan pemakainya.

Fungsi Tens

Tens berfungsi untuk mengurangi nyeri. seperti kita ketahui dari pengertian tens di atas bahwa tens berfungsi untuk menstimulasi syaraf. syaraf yang distimulasi oleh tens adalah type syaraf yang bermielin tebal, yang menghambat syaraf penghantar nyeri. Intinya dengan menggunakan alat fisioterapi tens ini maka syaraf penghantar nyeri akan di blokir sehingga pasien akan merasakan nyerinya berkurang sesaat setelah menggunakan tens ini.

Kondisi apa saja yang dapat menggunakan tens?

Tens ini efektif untuk penderita nyeri yang tidak kunjung sembuh, atau sembuh jika minum obat pada kasus nyeri pinggang, nyeri lutut, nyeri sendi, serta nyeri lainnya yang sifatnya bukan karena luka.

Apakah memakai tens dalam waktu lama berbahaya?

Jawabannya tidak, sampai saat ini belum ada efek samping penggunaan tens, alat ini justru di dianjurkan untuk dibeli sendiri oleh fisioterapis untuk pasien-pasien yang mengalami nyeri yang tidak kunjung sembuh/ kemungkinan sembuhnya tipis, seperti HNP.

Bagaimana Cara menggunakan tens?

Cara penggunaan tens setiap alat berbeda, tergantung merk alatnya serta fitur yang tersedia. Tapi gambaran umumnya alat fisioterapi mempunyai pad positif dan negatif, yang kemudian ditempelkan dikulit, daerah yang mengalami nyeri, kemudian alat dihidupkan dan akan terasa seperti getar dan seperti ditusuk jarum halus, dan rasanya nyaman. Sehingga setelah pemakaian tens rasa nyeri akan berkurang.

0 komentar: